TRENDING

Senin, 23 Februari 2015

Keratitis Pada Mata





Bismillah,..

Keratitis adalah salah satu penyakit pada mata, yakni peradangan atau inflamasi pada kornea mata yang disebabkan oleh bakteri, virus, jamur, herpes simplek, dan herpes zoster. Biasa disebut dengan herpes pada mata.

Penyakit ini muncul akibat imun yang menurun, kelelahan, stress.
Bisa menyerang segala umur, bahkan bayi.

Gejala yang ditimbulkannya adalah rasa gatal, panas, penglihatan menjadi buram.dan berbayang, mata kemerahan, peka terhadap cahaya (intoleransi/silau), seperti ada yang mengganjal pada mata serta berair.

Penyakit ini dapat sembuh seperti herpes pada kulit, dengan waktu maksimal 1 bulan setelah mendapat perawatan dan pengobatan  yang tepat.

Perawat di awal gejala apabila merasakannya adalah,
1. Hindari mengucek mata
2. Kompres air hangat pada mata yang diduga
3. Hindari pemakaian handuk bersama untuk mata yang sehat dan diduga
4. Selalu cuci tangan
5. Hindari kontak langsung dengan mata
6. Hindari pemakaian kontak lensa
7. Lindungi mata dari debu dan kotoran lainnya.
8. Segera berobat.

Obat-obat yang disarankan berupa tetes mata dan obat salep..

1. Vigamox
2. Acyclovir untuk mata

Keduanya merupakan antibiotik. Hanya bisa didapatkan dengan resep.

Penyakit ini akan menyerang satu mata, kemudian apabila perawatannya tidak tepat maka akan menularkan ke mata yang lainnya. Disarankan bagi penderita untuk tidak berkendara pada pagi hari.

Perbedaan pada penyakit konjungtivitis adalah, keratitis tidak mengeluarkan kotoran mata (belekan) dan warna merah pada mata tidak merah jelas (pink eye).

Tulisan ini saya buat berdasarkan pengalaman, sekarang saya masih dalam proses penyembuhan.

Tips agar tidak terkena keratitis adalah,

Tingkatkan daya imun tubuh mengunakan obat herbal insha Allah lebih aman.

Mencegah lebih baik daripada mengobat.

Gunakan waktu sehatmu, sebelum datang waktu sakitmu.
salam sehat :)

Ilustrasi: google

Unknown mengatakan...

Sudah mau 1 minggu nieh saya kena keratitis tetapi sudah agak mendingan cuman mata masih agak ngeblur..apakah bisa melihat dengan normal lagi?

Unknown mengatakan...

Iya , sama saya juga udah seminggu nih udah lumayan mendingan tapi pandanganya masih burem2 gitu kira kira bisa normal lagi gk ya

Unknown mengatakan...

Alhamdulilah untuk melihat mata saya sudah normal, di obatin trus aja sampai sembuh

Unknown mengatakan...

Alhamdulilah untuk melihat mata saya sudah normal, di obatin trus aja sampai sembuh

Unknown mengatakan...

Boleh tanya, saya ada msalh di mata di sebelah kanan, di mata hitam saya di bawah retina untung tdk di tengah,sperti ada putih2 seprti kabut,
Apa agan jg sperti itu?
Saya tdk merah perih atau pun panas,hnya aja pandaangan saya agak buram,dlu saya pengguna soflent,tp sudah berhenti sejak 4 bulan yg lalu,pernah terbentur jg matanya,apa itu sperti penyakit mata agan? Bs sembuh kah terima ksh

Veryka unu mengatakan...

Mau nanya kalau keratitis bgtu apa berpengaruh pada pernapasan?

Ocnatias Eka Saputri mengatakan...

ada asma ya?

l mengatakan...

Kak saya kena kreatitis, dr awal mulai mata merahnya udah 2 minggu, udah gak bngkak tapi masih burem, boleh share obat apa saja yang di gunnakan? Apa bisa sembuh total?

 
Back To Top