TRENDING

Rabu, 08 April 2015

Seperti Bercermin

Perlakukan orang lain, seperti saat kita memperlakukan diri kita.

Ternyata bukan hanya jodoh loh yang merupakan cerminan kita. Namun juga perlakuan orang lain terhadap kita adalah cerminan diri kita

Contoh begini, jika kita bercermin dengan raut wajah tersenyum, apa yang akan kita dapatkan dari cermin itu? Tepat! Wajah kita yang sedang tersenyum dan bila kita bercermin dengan raut wajah cemberut yang akan kita dapatkan dalam cermin adalah cemberut juga.

Sama dengan perlakuan kita ke orang lain, skala kecil saja. Yakni orang-orang dilingkungan kita. Saat bertemu disapa dengan santun, tersenyum, ucapkan salam. Apa yang kita dapatkan? Sama halnya dengan memperlakukan orang lain. Salam kita dibalas, dapat senyuman di pagi hari, ucapan yang santun. Kan elok? :')

Begitulah cara memperlakukan orang lain, bila kita baik orang lain akan memperlakukan kita baik. Bila kita jahat ke orang lain, orang itu juga akan jahat sama kita.

Dalam Islam pun, kita diajarkan adab pergaulan bukan?

Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wassalam bersabda.

“Bertakwalah engkau dimanapun engkau berada, Sertailah keburukan itu dengan kebaikan, niscaya kebaikan itu akan menghapus keburukan.Dan berakhlaklah kepada manusia dengan akhlak yang baik” [HR.Tirmidzi, ia berkata :Hadits hasan]

Lalu, siapa yang dapat kita contoh prilakunya? Artis? Aktor? Bukan!

Kita diperintahkan untuk mengikuti beliau, Rasulullah Salallahu 'alaihi wasalam.  taat kepadanya dan menjadikannya sebagai teladan dalam hidup. Allah telah menyatakan dalam firman-Nya :

“ Sungguh telah ada pada diri Rasulullah itu contoh teladan yang baik” [Al-Ahzab 21]

Jadi, tanamkan sikap santun dalam diri kita, gunakan untuk bersosialisasi di kehidupan sehari-hari. :')

tiazsstory.blogspot.com

 
Back To Top